Tag

, ,

Terminal Cicaheum Kota Bandung, sudah tidak layak lagi sebagai Terminal bus antar kota. Selain tempatnya yang sempit, juga banyaknya bus antar kota yang menunggu muatan di luar terminal. Akibatnya, jalan menjadi macet terutama disebabkan oleh angkot Cicaheum – Ujungberung, dan Cicaheum – Cileunyi banyak yang menunggu penumpang.

Kemacetan ini terjadi setiap hari saat jam-jam kerja dan sekolah. Menyebarnya perumahan ke arah timur, menjadikan di waktu pagi macet karena kendaraan dari berbagai jenis melewati terminal Cicaheum.

Mereka yang berdomisili di daerah Bandung Timur, seperti Cibiru, Rancaekek, Cicalengka dan Ujung berung, terutama yang bekerja di wilayah pusat kota Bandung dan Cimahi, membuat sesak jalanan. Belum lagi anak-anak sekolah yang diantar orangtuanya ataupun yang mengendarai kendaraan sendiri sejak pagi sudah berseliweran. Tak heran kalau ada pegawai atau pelajar ada yang sering terlambat karena untuk menghindari kemacetan ini sudah tidak ada alternatif lain lagi, karena jalan Surapati (Jln. PHH Musthopa), juga tidak jauh berbeda dengan sepanjang jalan Jend. A.Yani. Kemacetan juga sering terjadi di sepanjang jalan PHH Musthopa karena banyaknya kios dan pedagang kaki lima di kiri kanan jalan. Begitu juga dengan tersebarnya pusat-pusat kegiatan pendidikan di sepanjang jalan dan banyaknya kendaraan yang memarkir kendaraannya. Alhasil, pelebaran jalan PHH Musthopa untuk kelancaran lalu lintas tak bisa mengatasi kemacetan. Hanya siang hari saja sedikit berkurang dari kemacetan Namun saat bubar kantor dan sekolah, hingga menjelang magrib kembali kemacetan terjadi.

Terlebih-lebih di sekitar Cicadas hingga terminal Cicaheum. Kemacetan ini, menurut pengamatan ‘JC (Jendela Cibeunying), terjadi terutama di daerah Cicadas, terlihat dari mulai Cibeunying banyaknya PKL yang memajang dagangannya di sepanjang trotoar sampai memenuhi bahu jalan. Pedagang pakaian, sepatu, dan pedagang makanan menyita trotoar. Padahal, pejalan kaki harus jalan kaki di bahu jalan.

Jauh sebelumnya menurut sumber yang dihimpun ‘JC’, terminal Cicaheum berencana akan dipindahkan ke daerah Gedebage. Namun hingga sekarang tak ada realisasinya. Disisi lain saat ini pemerintah Kota Bandung tengah giat-giatnya membangun sarana olahraga bertaraf internasional termasuk stadion sepakbola di Gedebage. (Aj/Ag).