Tag

, , ,

Irfan Suryanagara (ketua dprd jabar)

Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ir. Irfan Suryanagara dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang Ke-1 Tahun Sidang 2012 (4/1) mengemukakan perlunya DPRD Provinsi Jawa Barat  dan mitra kerja dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerja lebih efekif lagi mengingat pada tahun 2012 ini Jawa Barat akan dihadapkan pada agenda Pemilukada Gubernur/Wakil Gubernur.
Menurutnya akan berpengaruh terhadap pola kerja khususnya di lembaga politik seperti DPRD. ” Kiranya kita dapat membagi waktu sebaik mungkin antara menyelesaikan tugas lembaga dan tugas kemasyarakatan. Sehingga pada akhirnya kita tetap dapat mempertahankan kinerja DPRD yang sudah baik disamping keberhasilan dalam tugas kemasyarakatan”.

Rapat paripurna yang dihadiri Wakil Gubernur, Dede Yusuf, Irfan mengemukakan  bahwa terkait dengan penyusunan rencana kerjaa DPRD Tahun 2012 akan dituangkan dalam Keputusan Pimpinan DPRD yang bertujuan untuk menghasilkan agenda kegiatan DPRD yang efektif dan berkontribusi secara nyata bagi peningkatan kinerja penyelenggaraan tugas, kewenangan dan fungsi DPRD sebagai unsur  penyelenggara pemerintahan daerah.

Irfan menyampaikan pula dalam rangka memenuhi amanat Tata Tertib, maka di awal tahun 2012 ini DPRD Provinsi Jawa Barat bersama Pemprov Jabar perlu segera menyusun Program Legislasi Daerah (Prolegda) yang memuat daftar urutan dan prioritas Rancangan Peraturan Daerah beserta alasannya untuk dibahas di tahun 2012 dan sebagaimana Perda Nomor 1 Tahun 2010 tentang Penyusunan dan Pengelolaan Prolegda perlu menyelesaikan kesepakatan bersama antara Gubernur dengan DPRD terkait hasil sinkronisasi dan harmonisasi Prolegda Tahun 2012. ” Kita semua harus punya komitmen untuk lebih baik lagi dalam menyelesaikan kinerja legislasi apalagi  sesuai RPJMD pada tahun 2012 ini DPRD menargetkan sebanyak 8 Perda prakarsa,” demikian ungkap Irfan.

Mengenai Laporan Pertanggungjawaban Akhir Tahun Anggaran (LKPJ) yang harus disampaikan kepada DPRD paling lambat 3 (tiga) bulan setelah tahun anggaran berakhir, semua pihak diharapkan memperhatikan hal tersebut sehingga pada masa persidangan I Tahun Sidang 2012 Gubernur dapat menyampaikan Nota LKPJ Tahun 2011. (Agus)

Iklan