Tag

, , , ,

Bandung (MT) – Pencapaian produksi padi untuk lingkup Provinsi Jabar di tahun 2011 telah menargetkan pencapaian produksi padi sebesar 11,67 juta ton padi. Realisasi sampai November 2011 telah mencapai 11,5 juta. Berkaitan dengan penetapan target terebut, optimis target dapat tercapai, ungkap Kadis Pertan Jabar, Endang Suhendar kepada wartawan.
Endang, optimis target produksi padi dapat tercapai disebabkan masih ada areal tanam padi seluas 280.000 Ha yang dalam akhir tahun ini akan dipanen. Selain itu, untuk cuaca sepanjang tahun ini, kendati ada banjir di beberapa wilayah  juga tidak berdampak buruk pada menurunnya produksi padi. “Demikian juga, dengan serangan OPT diakui ada tetapi hanya menyerang di areal sawah dalam jumlah kecil. OPT yang diantaranya tikus dan wereng sempat menyerang beberapa daerah di Pantura”. Katanya.

Dikarenakan dampak OPT belum banyak menimbulkan kerugian dalam bentuk menurunnya pencapaian produksi padi akibat serangan OPT ke areal sawah, karena kini sedang  menghadapi musim penghujan serangan OPT harus diwaspadai karena di musim penghujan OPT mudah untuk berkembang.

Endang Menjelaskan, dalam rangka menyelamatkan produksi beras, telah dilakukan juga melalui kebijakan program yaitu program 1 hari tanpa nasi. Kebijakan tersebut merupakan kebijakan Gubernur yang telah mengirimkan surat edaran kepada Bupati/Walikota di seluruh Jabar untuk menerapkan sehari tanpa nasi yaitu setiap Hari Rabu.

“Jika program tersebut dapat dilaksanakan di seluruh Kabupaten/Kota, akan mengefisienkan produksi padi seluas 1.300 Ha per musim panen”. Tegasnya. (Agus).