Tag

, ,

BANDUNG  (MT) – Delapan kabupaten di Jawa Barat mendapatkan bantuan untuk program keserasian sosial dari Kementerian Sosial (Kemensos) sebanyak Rp 5,520 milyar. Bantuan tersebut ditujukan untuk mencegah kerawanan sosial seperti konflik antarkampung dan sebagainya.
Kedelapan kabupaten yang mendapatkan bantuan program keserasian sosial adalah Cirebon, Garut, Kuningan, Ciamis, Bogor, Indramayu, Sumedang, dan Cianjur. Bantuan diserahkan Sekretaris Jenderal Kemensos Toto Utomo Budi Santosa dalam upacara penutupan Jambore Nasional Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Lapangan Gasibu Bandung, Kamis (8/12).

“Dana ini di berikan untuk meningkatkan ketahanan sosial masyarakat Jabar. Dan diberikan pada daerah-daerah yang rawan konflik atau yang sudah terjadi konflik, untuk meningkatkan ketahanan sosial,” Ungkap Toto

Toto mengatakan, dana itu pun menunjang program Kemensos seperti Pelopor, yaitu program melatih orang desa untuk menjadi agen perdamaian di wilayahnya. Kegiatan yang umumnya dilakukan masyarakat setelah mendapatkan dana itu adalah membangun jembatan penghubung antarkampung yang disebut sebagai jembatan perdamaian.

Dan anggaran keserasian sosial tersebut digunakan untuk pembangunan fisik secara bersama oleh kampung-kampung yang pernah bertikai. Anggaran juga digunakan untuk berbagai kegiatan yang dilakukan bersama-sama supaya kampung yang sedang konflik atau rawan konflik bisa berdamai sehingga ketahanan sosial meningkat.

Sedangkan menurut Kepala Dinas Sosial Jabar Tati Iriani, bantuan itu langsung diberikan ke forum-forum di masyarakat yang terlibat dalam penanganan kerawanan bencana sosial. Dana itu ditujukan untuk mitigasi atau mencegah terjadinya bencana sosial. Pembagiannya ke delapan kabupaten itu bervariatif sesuai proposal yang sudah diajukan masyarakat di kabupaten tersebut yang juga sudah dikaji oleh Kemensos. (Aji)