Tag

, ,

(Soreang MT) – Warga Soreang Kabupaten Bandung dikagetkan dengan bertebarannya debu putih di halaman rumah pagi hari. Debu yang tidak biasa ditemukan sebelumnya. Di duga debu vulkanik tersebut merupakan letusan Gunung Gamalama yang berada di kota Ternate.
“Kejadiannya baru saya ketahui pagi tadi sekitar pukul 04.20 WIB saat hendak menunaikan shalat subuh, saya lihat di bawah cahaya lampu di teras rumah banyak beterbaran debu putih, saya pikir mungkin ada yang nyapu di halaman tetangga,tapi diperhatikan dengan seksama kok kayaknya bukan debu biasa, jangan-jangan debu vulkanik?” kata hery salah seorang warga soreang bandung, Rabu (7/12/2011).

Herry mengaku usai Solat Subuh langsung browsing internet dan membaca jika Gunung Gamalama di Ternate meletus. “Debunya bukan debu biasa, kaya debu vulkanik. Tapi dari mana? Gunung mana yang meletus? Setelah shalat subuh saya langsung browsing internet, ternyata itu adalah debu vulkanik,koq bisa sampai ke tempat saya ya?” tambahnya.

Kejadian tersebut Belum diketahui apakah penemuan debu putih di halaman rumah Herry juga dialami warga lainnya. Hingga berita ini diturunkan, Pusat Vulkanologi dan Mitigas Bencana Surono belummemberikan keterangan.

Pada minggu (4/12/2011) tepatnya malam hari, Gunung Gamalama, Ternate, Maluku Utara meletus. Akibat letusannya itu, Kota Ternate tertutupi debu vulkanik. Bahkan hingga saat ini Bandara Sultan Babullah masih ditutup karena Debu vulkanik yang berasal dari semburan Gunung Gamalama masih menutupi sebagian Ternate.(Sumber MT)

