Tag

, , ,

BANDUNG (MT)– Politisi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka menegaskan dirinya siap bertarung dalam Pemilihan Gubernur Jabar 2013.Namun, hal itu tergantung pada kebijakan DPP PDI Perjuangan. Pasalnya hingga kini partai berlambang banteng ini belum memberikan sinyal terkait pencalonan dirinya di Pilgub Jabar. ”Sebagai kader partai, saya siap kalau ditunjuk DPP, dan tidak bisa memutuskan sendiri,” kata Rieke usai mengikuti kegiatan sosialisasi 4 pilar bangsa melalui tafsir seni puisi ”Sumpah Saripah” karya Rieke Diah Pitaloka di Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung,kemarin.
Dia mengaku, tidak berkeberatan jika DPP PDI Perjuangan tidak memberikan mandat kepadanya untuk mencalonkan diri pada Pilgub Jabar 2013. Meski tidak berkecimpung di dunia perpolitikan Jabar, tetapi Rieke bisa menyalurkan tugas dan fungsinya sebagai anggota komisi IX DPR RI. Dijelaskan dia, sebagai orang Sunda, dia merasa mempunyai tanggung jawab moral terhadap Jabar.

Bahkan daerah pemilihan (dapil) saat mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI pun dia dipilih dari Jabar, yakni Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. ”Dan kalaupun tidak ditunjuk, saya tidak akan mempermalukan Jawa Barat. Maksudnya, saya masih banyak utang pekerjaan di DPR. Tugas legislasi juga kacida pentingna kanggo rakyat (sangat penting bagi rakyat),”katanya.

Sama halnya dengan Rieke, Wakil DPD PDI Perjuangan Jabar Bidang Politik,Gatot Cahyono mengatakan, urusan pencalonan Rieke pada Pilgub Jabar 2013sepenuhnya ditangan pengurus pusat PDI Perjuangan. ”Bisa maju atau tidaknya pada pencalonan Pilgub,keputusannya ada di tangan DPP,karena Rieke merupakan anggota legislatif yang masih aktif. Aturan ini berlaku juga bagi kader PDI Perjuangan di daerah,” terang Gatot. DPD PDI Perjuangan Jabar akan membuka penjaringan bakal calon (balon) gubernur, mulai Januari sampai April 2012 mendatang.

Sosialisasi penjaringan bakal calon ini dilakukan di internal PDIP Jabar. Setelah itu, menginjak Mei –Juni 2012, akan dilakukan survei terhadap bakal calon tersebut, di mana balon yang lolos dalam penjaringan ini benar-benar atas dasar elektabilitas dan popularitas. ”Untuk sementara ini, PDI Perjuangan Jabar sudah mengantongi tiga nama yang akan masuk dalam penjaringan bakal calon, yakni Dedi Supardi (Bupati Cirebon),Aang Hamid Suganda (Bupati Kuningan), dan saya sendiri (Gagtot Cahyono),” ucapnya. (agus)