Tag

, , ,

Dana Percepatan Pembangunan Kelurahan Bermartabat (P2KB) dianggap cukup, Pemkot Bandung berharap bisa meningkatkan dana ini di periode berikutnya.
Edi Siswadi sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung menyebutkan, anggaran P2KB pada tahun ini mencapai Rp30 miliar per tahun yang diperuntukkan bagi 151 kelurahan di Kota Bandung.

Ke depan diharapkan satu kelurahan menerima Rp1 miliar dari dana P2KB. Pos anggaran itu berasal dari dana hibah yang diperuntukan bagi percepatan pembangunan sesuai dengan tujuh program prioritas Kota Bandung.

“Sebenarnya saat ini pun sudah sangat baik, bahkan saya mengatakan program yang baru pertama dilakukan ini berhasil. Dengan anggaran Rp200 juta per kelurahan, sudah terlihat luar biasa dinamikanya,” ujar Edi kepada wartawan usai melihat keberhasilan pelaksanaan program P2KB di wilayah Kecamatan Bojongloa Kidul, Jalan Cibaduyut, Rabu (9/11/2011).

“Saat ini, pemkot sudah melakukan pemetaan untuk ke depannya. Untuk memenuhi kebutuhan dasar infrastruktur lingkungan, sarana dan prasarana, penunjang produktifitas ekonomi masyarakat, kesehatan lingkungan, pengembangan sumber daya, pengembangan kewirausahaan dan lainnya, dibutuhkan anggaran sebesar Rp650 miliar. Namun, dana sebesar itu tidak akan bisa ter-cover dalam satu tahun anggaran”. Tegas Edi

Edi menambahkan dengan adanya bantuan P2KB, berbagai sektor bisa difasilitasi. Seperti masing-masing kelurahan memiliki alat olahraga berupa meja tenis dengan kualitas SEA Games. Angka ideal untuk membantu setiap kelurahan ini akan terus diupayakan oleh Pemkot Bandung. (Agus/Aji)