Tag

, , ,

BANDUNG (MT) – Daging kurban tahun ini di kota Bandung  dinilai cukup melimpah. Sebaliknya, 70 warga Kampung Lembur Kadu,  Ciluncat, Kecamatan . Cangkuang, Kabupaten Bandung hanya menerima daging hewan kurban rata-rata 1 ons per KK.
Menurut kabar hal ini terjadi karena di kampung itu hanya seorang warga yang melakukan kurban berupa domba dalam Qurban ini. “ Satu ons daging yang dibagikan sudah termasuk tulang belulang dan jeroan,” kata Dudi (45), warga Ciluncat, pada Minggu sore kepada MT.

Dudi mengatakan, lebaran tahun ini bisa dikatakan ada peningkatan di banding tahun lalu. Pasalnya, tahun lalu sama sekali puluhan kepala keluarga di kampung ini tak mendapatkan daging qurban karena tak ada seorang pun yang memotong hewan qurban.

“ Tahun ini agak mending kami mendapat daging meski hanya 1 ons per KK,” kata Dudi. Dari seekor domba yang disembelih setelah dibagi rata 70 warga hanya kebagian 1 0ns per KK.

Di sisi lain, di Mesjid Raya Alun-alun Bandung panitia kurban terpaksa harus membuang 12,5 kg daging hewan qurban karena di daging itu ditemukan cacing hati.

Menurut panitia qurban cacing itu berhasil ditemukan pihak dinas peternakan dari 5 sapi dan 2 ekor kambing. “ Kami sudah memerintahkan supaya 12,5 Kg daging segera dibuang karena terbukti mengandung cacing,” kata Bambang salah seorang petugas Dinas Peternakan.

Bambang mengungkapkan, cacing yang ditemukan di daging itu sama sekali tak membahayakan, hanya untuk berjaga-jaga pihaknya memerintahkan supaya daging belasan kilogram untuk diapkir. “ Tidak bahaya, tapi juga tidak layak dikonsumsi,” jelas Bambang.

Dia menambahkan, panjang cacing hati yang ditemukan diperkirakan 10 cm. Bentuknya pipih, hitam mengkilat. Dan cacing itu baru akan ditemukan manakala hati hewan ternak itu dibelek. “ Cacing tadi sama warnanya dengan hati,” ujarnya.

SEBAR 3500 KUPON

Dari kampung IPDN Jatinangor, Kabupaten Sumedang dilaporkan, tahun ini kampus tersebut menyembelih puluhan ekor hewan kurban yang akan dkibagikan ke lingkungan kampus dan warga setempat.
Untuk menertibkan dalam pembagian jatah daging pihak kampus membagikan 3500 kupon daging untuk bisa ditukarkan di kampus tersebut. Karuan saja, ribuan warga Jatinangor antri untuk menukar kupon dengan sebungkus daging ke kampus IPDN.

Kasubag Humas IPDN Jatinaangor, Sudaryana menjelaskan, hewan kurban yang dipotong lebaran ini cukup banyak. Hewan itu selain datang dari para pejabat kampus yang menyumbangkan hewan kurban juga didapat dari sumbangan praja muda yang ada di kampus itu.
“Jumlahnya cukup banyak dan ada peningkatan dibanding tahun lalu,” Jelasnya. (Agus/Aji)