Tag

, , ,

Bandung (MT)-Turki Belum lama ini terkena bencana gempa bumi, Pemerintah Indonesia yang diwakili Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat HR Agung Laksono dan berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan kemanusiaan sebesar 1 juta dolar AS (atau sekitar Rp 9 miliar). Penyerahan bantuan kemanusiaan sebagai bentuk rasa solidaritas yang berlangsung di Kantor Menko Kesra, Jakarta, Rabu (2/11) sore, dan diterima oleh Duta Besar Turki untuk Indonesia Murat Adali, disaksikan antara lain Sekretaris Utama BNPB Fatchul Hadi.
Dalam penyerahan bantuan, Agung laksono menyampaika bahwa pemberian tersebuit atas nama pemerintah dan masyarakat Indonesia, penyerahan bantuan ini diiringi rasa keprihatinan dan belasungkawa yang mendalam serta rasa empati terhadap banyaknya korban jiwa dan kerugian material yang dialami pemerintah dan warga Turki.

“Indonesia akan terus memberikan bantuan kepada negara sahabat, sama halnya ketika negara sahabat memberikan bantuan ketika Indonesia mengalami bencana alam, misalnya saat bencana alam di Aceh, salah satu negara yang membantu adalah Turki, bantuan ini diharapkan makin mempererat hubungan antarnegara,” kata Agung.

Gempa bumi yang melanda Turki tanggal 23 Oktober 2011 dan berkisar 7,2 skala Richter, telah memakan korban jiwa dan kerugian material yang sangat besar. Kota Van dan Ercis menderita kerusakan paling parah. Tercatat kurang lebih 600 orang meninggal dunia dan 4.000 orang terluka.

Bukan pada periode ini saja Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan ke luar negeri. Indonesia pernah memberikan bantuan kemanusiaan, antara lain ke Jepang sebesar 2 juta dolar AS dan bantuan logistik peralatan pada 2011 saat dilanda tsunami. Kemudian, Australia saat terkena banjir pada 2011 dan Selandia Baru saat dilanda gempa bumi tahun 2011. Selain itu, Haiti saat dilanda gempa bumi 2010, Pakistan saat terkena banjir 2010, dan Myanmar saat terkena badai Nargis tahun 2009, serta negara-negara kawasan ASEAN terkena bencana banjir.(Biro MT)