Tag

, ,

Penyakit aneh yang menggerogoti tubuh gadis muda yang bernama Mely Amelda, warga di Wajo, Sulawesi Selatan, Hal serupa dialami pria yang bernama Anto. Bahkan lokasinya tidak jauh dari tempat Mely. Separuh kaki pria paruh baya tersebut digerogoti belatung dan Baunya yang tak sedap mengakibatkan kerumunan lalat memenuhi rumahnya. Upaya menghindari kerumunan lalat di bagian yang terus mengeluarkan cairan, kaki Anto harus dibalut daun pisang. Kain seadanya juga digunakan untuk menutupi kaki yang tinggal separuh.

Istri Anto yang bernama Gustany, mengatakan suaminya pernah memeriksakan penyakitnya ke rumah sakit, namun dokter menyarankan agar kakinya diamputasi. Keputusan itu membuatnya berat. Selain keberatan jika kehilangan kaki, biaya untuk operasi juga sangat besar. Sedangkan untuk makan sehari-hari saja mereka terpaksa mengandalkan pemberian dari kerabat.

Dengan penyakit yang sudah dideritanya selama dua tahun ini, dia tidak bisa lagi menafkahi keluarga. Anto yang sebelumnya hanya bekerja sebagai buruh bangunan, sehari-hari hanya bisa terbaring di kediamannya daerah Tae, Sengkang. Dia hanya dirawat seadanya oleh sang istri. (Aji)