Tag

, ,

Kedekatan hubungan India dan Amerika Serikat (AS) tampak semakin memperburuk hubungan AS dan Pakistan. Pakistan pun saat ini tampak semakin dekat dengan China.
“Sebagaimana hubungan AS dan Pakistan memburuk, banyak pengamat yang mengatakan, Islamabad tampak menjadi lebih bergantung pada China daripada sebelumnya,” demikian laporan dari Congressional Research Service (CRS), seperti dikutip PTI, Jumat (28/10/2011).

Hubungan AS dan Pakistan mulai memburuk di saat penyergapan Osama bin Laden yang dilakukan oleh militer AS di wilayah Pakistan. Hubungan mereka makin diperburuk lagi oleh tudingan AS yang mengatakan, Pakistan mendukung militan Haqqani dalam menyerang Afghanistan.

Kunjungan Perdana Menteri Pakistan Yousuf Raza Gilani ke China pada Mei lalu tidak menimbulkan adanya penguatan hubungan antara kedua negara tersebut. Namun China menegaskan kepada Barat agar menghormati kedaulatan Pakistan.

China juga sepakat untuk menjuat 50 jet tempur JF-17 ke Pakistan yang sudah diperbaharui. Pakistan juga tampak ingin membeli kapal selam ke China.

Perdana Menteri Pakistan juga sempat mengatakan, China merupakan mitra segala musim bagi Pakistan. China dikabarkan selalu berdiri di samping Pakistan dalam situasi apa pun.(Agus)