Tag

, ,

Warga Afghanistan utara menemukan kuburan massal tersebut di Distrik Rustag, Provinsi Takhar, Afghanistan.Sebanyak 20 hingga 30 tulang belulang manusia ditemukan dalam kuburan tersebut. Menurut penyelidikan, kuburan ini sudah berusia sekira 70 tahun.
“Kami tengah melakukan penyelidikan terhadap kuburan ini dan belum jelas, beberapa jiwa yang terkubur di sini,” ujar juru bicara pemerintah setempat Faiz Mohammad Tawhidi, seperti dikutip Pak Tribune.

Kepala Desa Sar Asyab Abdul Momin yakin, kuburan massal itu berisikan jasad para korban yang tewas dalam perang saudara 15 hingga 20 tahun yang lalu. Momin mengatakan, banyak para warga yang dianggap anti-pemerintahan dibunuh.

Dan mantan pejabat Afghanistan Peram Qul menyangkal adanya pembunuhan di wilayah tersebut. Dirinya mengatakan, kuburan itu ada ketika Uni Soviet menginvasi Afghanistan pada 1979 silam. Tulang belulang manusia yang ada dikuburan itu adalah tulang belulang dari pejuang Mujahidin.

Distrik Rustaq merupakan tempat yang tidak jauh dari tempat di mana Komandan Mujahidin Ahmad Shah Massoud dihukum mati pada 2001 silam.(Aji)