Tag

,

Bandung (MT)- Pemkot Bandung berencana membentuk dinas kebersihan. Meski penanganan sampah sudah diatur oleh PD Kebersihan, keberadaan dinas dinilai masih dibutuhkan.

Ketua Komisi A DPRD Kota Bandung Haru Suwandharu menjelaskan, kinerja PD Kebersihan dinilai tidak optimal dalam kontribusi PAD. Padahal sebagai perusahaan daerah, seharusnya PD Kebersihan mampu memberi kontribusi.

“Sebagai perusahaan, seharusnya PD Kebersihan harus mampu meningkatkan laba. Tapi selama ini kinerja mereka memang sering terbentur dengan regulasi,” kata Haru ketika ditemui di ruang kerjanya, Jalan Aceh, Rabu (12/10/2011).Karena itu, kata Haru, agar PD Kebersihan dapat konsentrasi pada pengembangan bisnis ada wacana pembentukan Dinas Kebersihan. Dia menjelaskan, PD Kebersihan dinilai tidak mampu menyelesaikan semua permasalahan sampah di Bandung.

Pembentukan dinas kebersihan itu, kata dia, akan dibahas dalam revisi Perda No 15 tahun 2007 tentang PD Kebersihan. Haru menambahkan, dua SKPD itu dinilai tidak akan saling tumpang tindih.

“Saya pikir tidak akan tumpang tindih, karena dinas kebersihan akan concern pada kebijakan dan regulasi, sementara PD Kebersihan akan lebih pada operasional,” ungkap heru. [Agus sudrajat]