Tag

,

Bandung (MT)- Kepala Satpol PP Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengaku optimistis, penataan dan pembinaan pedagang kaki lima (PKL) di Kota Bandung bakal berhasil.

“Dalam penataan PKL saya selalu optimistis. Tidak pernah pesimistis. Tapi saya tidak bisa menjamin apakah Kota Bandung akan bebas PKL atau tidak,” katanya, Selasa (11/10/2011).Menurut Ferdi, paling penting harus dilakukan Satpol PP adalah menjalankan Perda Penataan PKL sebaik-baiknya. Hasil yang baik tidak serta-merta datang. “Harus ada proses,” katanya.

Ferdi mengatakan agar penataan PKL dapat berjalan efektif, saat ini gencar dilakukan sosialisasi kepada personel Satpol PP dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait. Menurut dia, harus ada kesamaan persepsi antar-SKPD agar penataan PKL dapat optimal.

“Sebelum sosialisasi ke masyarakat, kami lakukan sosialisasi dulu di tingkat internal. Setelah semua selesai, baru kami akan sosialisasi ke masyarakat, mulai tingkat RT, RW, kelurahan hingga kecamatan,” ungkapnya.

Selama upaya sosialisasi, dia berharap dapat membangun sinergi dan meningkatkan peran masyarakat. “Nanti peran masyarakat akan lebih besar, seperti dalam penentuan zonasi PKL,” tegasnya. [agus sudrajat]