Tag

,

Pemerintah Kota Bandung (Pemkot) mengucurkan dana sebesar Rp 3 miliar untuk pembangunan Pasar Sehat Sarijadi. Rencananya alokasi anggaran itu akan dimasukkan di dalam APBD Murni 2012.

Dada mengatakan, program pembangunan Pasar Sehat Sarijadi akan segera dikerjakan dan berharap bisa selesai tahun 2012 mendatang. Dengan adanya anggaran Rp 3 miliar, pasar sehat sarijadi setelah beroperasi akan diprioritaskan untuk masyarakat sekitar yang akan berjualan tanpa dipungut biaya, pedagang tinggal menempati tempatnya saja Semua kios kita sediakan, gratis. Pedagang paling hanya membayar retribusi saja,” terang
Dada. Sosialisasi mengenai pasar sehat, sudah dilakukan dan masyarakat pun sudah banyak yang merespon dan menantikannya.

selain “Program pasar sehat Sarijadi” Pemkot Bandung terus menggulirkan program yang berpihak kepada masyarakat kecil. Setelah sebelumnya meluncurkan sebanyak 12 Bantuan Wali Kota Khusus (Bawaku), kini ditambah satu lagi yakni bawaku pasar,” kata Wali Kota Bandung Dada Rosada, di Pendopo Kota Bandung, Jln. Dalem Kaum, Minggu (9/10).

Dada menjelaskan, di pasar sehat yang akan menjadi percontohan bagi pasar-pasar lainnya di Kota Bandung, rencananya akan dibangun 200 kios dengan 400 meja-meja. Adanya kios sebanyak itu bisa mengakomodasi pedagang di sekitar lokasi. “Banyak pedagang yang berjualan di pinggir jalan, diharapkan dengan adanya pasar sehat bisa mewadahinya,” hal ini menjadi salah satu upaya Pemkot Bandung sehingga ke depan pasar-pasar tradisional tidak lagi kumuh dan kotor. Pasar tradisional, harus nyaman, sehat, dan bersih layaknya pasar modern sehingga konsumen akan merasa nyaman.ujarnya.

Dada menambahkan, Pasar Sehat Sarijadi akan dibangun di atas lahan seluas 4.000 m2. Kios-kios yang dibangun diisi pedagang lama, dan sisanya akan ditawarkan kepada masyarakat sekitar serta pedagang Pasar Cibogo yang lokasinya relatif dekat dengan lokasi pembangunan.Pasar Sehat Sukajadi itu, nantinya akan lebih diutamakan masalah kebersihannya. Ini akan menjadi pilot project untuk pembangunan pasar tradisional ke depannya,” Pasar percontohan ini akan bersahabat dengan lingkungan, memiliki ruang terbuka hijau (RTH) seluas 681 m2, sarana parkir untuk 40 mobil, dan seratus motor serta tempat sampah yang ramah lingkungan. ungkap Dada.

PD Pasar Bermartabat sebelumnya berencana akan melakukan pembangunan pasar itu pada Oktober 2010 dan ditargetkan selesai pada Desember 2010, terkait mundurnya pelaksanaan pembangunan, Dada mengakuinya, karena selama ini pembangunan pasar terkendala
rekomendasi gubernur mengenai Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Pasalnya, lokasi yang akan dibangun pasar sehat termasuk kawasan Bandung Utara (KBU). (Aji)**