Tag

Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf dan Siswa SD dan SMP Pasundan Sebanyak 2.500, mengikuti kegiatan Jambore Pramuka Komunitas Pasundan Jabar-Banten di Bumi Perkemahan Kiara Payung, Jatinangor, Sabtu-Senin (1/3/10).

Jambore dihadiri oleh lembaga pendidikan dasar dan menengah (dikdasmen) SD dan SMP sebanyak 2.500 siswa, 500 orang penegak dari SMA/SMK, serta pendega dari Universitas Pasundan (Unpas), yang berada di bawah naungan PB Pasundan.

Kakwarda Jabar Dede Yusuf mengatakan Saya merasa sangat bangga dengan diselenggarakannya Jambore Pramuka Komunitas Pasundan Jabar-Banten. “Apalagi ini dilakukan oleh para siswa siswi Pasundan dengan suasana penuh dengan keakraban, saling sapa di antara semua kontingen, saya sendiri akan hadir dalam Jamnas pada 4, 5, 6 Juli 2011. Pada 6 Julinya, dia akan mempresentasikan sakatematika tersebut.

Dia berharap, dalam Jamnas tersebut Kwarda Jabar bisa menjadi juara dari salah satu aktivitas yang ada di Jamnas. Menurutnya, sejak dulu Jabar selalu menjadi juara di salah satu bidang, misalnya display atau tenda terbaik. “Sekarang kita harap yang terbaik juga,” harapnya.

Para pramuka yang menjadi wakil Jabar adalah pada level penggalang, jadi belum dibebani kegiatan yang besar. “Yang penting ikuti aktivitas jambore yang bersifat pesta sharing informasi,” kata Dede.

Pada acara helaran kesenian tradisional Sunda, ditampilkan karedok dari Pasundan 12 Bandung, calung (Cimahi 3), angklung gubrag (Cianjur), pencak silat (Pasundan 4 Bandung), tari merak (Pasundan 7 Bandung), reog putri (Banjaran-Katapang), kaulinan barudak capuera (Rancaekek), kawih sunda (Pasundan 1 Bandung dan Garut), marching band (Pasundan 1 Cimahi), serta biola (Pasundan 2 Bandung), Dede Yusuf sebagi wagub, bahkan ikut menyaksikan karnaval kesenian daerah yang diperagakan sebelum acara pembukaan.

Dede menyebutkan, tarian ronggeng pramuka menjadi salah satu program baru di pramuka Kwarda Jabar. Program anyar lainnya, lanjut Dede, adalah saka telematika. “Kami berkesempatan untuk presentasikan revitalisasi pramuka lewat saka telematika. Ini merupakan spesialisasi baru pramuka di bidang teknologi informasi dan telekomunikasi,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Umum PB Pasundan, Prof. Dr. H.M. Turmudzi, M.Si. menuturkan  para peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan Jambore Pramuka Komunitas Pasundan Jabar-Banten “Ini sangat luar biasa. Saya memberi apresiasi kepada semua peserta dan berharap kegiatan ini dapat berkesinambungan dari tahun ke tahun,” katanya.

Dalam acara penutupan dihadiri oleh  Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah (YPDM), Drs. Soma Gantika, M.Si.(aji)