Tag

Sebuah bom bunuh diri meledak di Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) Kepunton, Solo, Jawa Tengah, pada Ahad (25/9). Kejadian ini mirip dengan bom bunuh diri yang dilakukan Syarif di Cirebon, Jawa Barat.

Polri pun menyelidiki adanya kaitan antara bom bunuh diri di Solo dengan beberapa Daftar Pencarian Orang (DPO) bom Cirebon, salah satunya Hayat.

“Semua tentu akan dilihat apakah akan ada kaitan dengan bom Cirebon,” kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Anton Bachrul Alam dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Ahad (25/9).

Menurut Anton, polisi masih melakukan identifikasi terhadap pelaku bom bunuh diri tersebut, termasuk untuk mencari tahu identitasnya. Mengenai jenis dan tipe bom bunuh diri yang dilakukan pelaku juga masih didalami apakah bom juga dililitkan di pinggang dalam pekaian atau tidak.

Namun Polri memastikan bom bunuh diri di Solo mengandung gotri atau bahan material besi kecil yang setipe dengan bom bunuh diri di Cirebon. Apakah ada keterkaitan antara bom bunuh diri di Solo dengan DPO Cirebon yang masih dicari, polisi masih terus mendalaminya.

“Kita juga belum tahu apakah terlibat JAT juga atau bukan. Kita belum dapat pastinya,” ujar mantan Kapolda Jawa Timur ini.