Tag

Juhana Atmawisastra sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung mengatakan, letusan gunung berapi Papandayan diprediksi akan menyebarkan awan panas yang tersebar mencapai radius 3-5 km.  dihimbau untuk  beberapa kecamatan di Kabupaten Bandung yang berdekatan dengan wilayah Kabupaten Garut, di antaranya Kecamatan Kertasari, Ibun, dan Pangalengan. Sementara yang paling berdekatan dengan Gunung Papandayan adalah Kecamatan Kertasari yang dalam radius 10-12 km,  Perlu Waspada dan siaga karena material dan debu bisa  saja menjangkaunya, akibat adanya tiupan angin, katanya.

Beberapa instansi yang telah siap siaga untuk mengantisipasi dampak buruk terjadinya letusan Gunung Papandayan di Kabupaten Garut dari Dinas Sumber Daya Air Per-tambangan dan Energi, Dinas Kesehatan, Dinas Permukiman, Tata Wilayah dan Kebersihan (Dispertasih), Pemerintah Kecamatan Kertasari, dan Perkebunan Teh Sedep serta Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bandung dan PDAM Tirta Raharja.

Menurut analisa dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (BPVMG), letusan awan panas Gunung Papandayan akan mengapung ke udara hingga 1.000 meter di atas permukaan laut dan jatuh menebar ke daratan pada radius 2- 3 km dari mulut kawah.

Ketua PMI Kabupaten Bandung Sukmahadi Thawaf menambahkan, informasi yang didapatnya dari pusat vulkanologi dan mitigasi menyatakan Papandayan sudah masuk level siaga tiga. “Antisipasi kami yakni menyiapkan personel PMI dan survei posko pengungsian,” tutur Sukmahadi.(red)**