CICADAS, (MT),-
Bulan Ramadan telah berlalu, namun ada catatan tersendiri bagi SDN Cicadas Barat, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung di mana setiap Ramadan selalu menggelar Pesantren Ramadan yang melibatkan seluruh siswa.
Kegiatan rutin setiap tahun di bawah arahan Hj. Maryati. S.Pd., Kepala Sekolah, serta para guru pembimbing ini selalu mendapat kunjungan dari Pengawas Mapenda Kantor Kementrian Agama Kota Bandung, Euis Juariah, M.Pd.

Kegiatan rutin setiap Bulan Ramadan ini antara lain bertujuan untuk meningkatan keimanan, amalan, serta  memberikan pembinaan keagamaan bagi siswa untuk meningkatkan ketakwaan terhadap Allah SWT.
Kegiatan itu juga diisi dengan membaca Alquran-Tauhid, bimbingan akhlak atau muamalah, dan salat duha. Berkat kesungguhan para siswa, kegiatan tersebut berjalan dengan tertib dan lancar.
“Kegiatan keagamaan ini tidak hanya dilaksanakan pada bulan Ramadan, melainkan juga pada bulan-bulan lainnya. Setiap hari, siswa berkumpul di halaman depan pada pagi hari sebelum masuk kelas untuk berdoa bersama kepada Allah SWT dan melafalkan Asmaulhusna,” ujar Hj. Maryati.
Di samping melaksanakan kegiatan rutin pada bulan Ramadan, SDN Cicadas juga melakukan kegiatan lain seperti pembangunan dan penghijauan. Prestasi yaitu di bidang kesenian, salah satunya angklung dan pencak silat yang telah mendapat penghargaan.

Di bidang akademik, SDN Cicadas berhasil meraih penghargaan dalam olympiade matematika. Begitu pula di bidang olah raga seperti futsal. Ke depan, SDN Cicadas rencananya akan membangun lapangan basket dan badminton untuk menyalurkan bakat dan prestasi anak didiknya. Agar itikad baiknya terwujud, ia sangat berharap dukungan dan bantuan pemerintah dalam hal pendanaannya.

Sementara itu, Sekretaris pelaksana kegiatan, Drs. Memed Sutardi saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, kegiatan pesantren Ramadan atau pesantren kilat bagi siswa ini dalam rangka mewujudkan pendidikan keagamaan selama bulan suci Ramadan. Kegiatan ini diisi dengan tadarus, kultum, dan salat duha. Para siswa berkumpul di halaman sekolah mengenakan busana muslim dengan rapi dan tertib.
Sementara itu, Heli Halimah, S.Ag., Ketua Pelaksana kegiatan pesantren ramadan berharap agar kegiatan ini dapat meningkatkan amalan di bulan ramadan untuk meningkatkan keimanan, dan meningkatkan pemahaman tentang kemuliaan akhlak dan mu’amalah.
“Bagi seluruh peserta dan pengajar pesantren ramadhan 1432 H akan diberikan penghargaan berupa sertifikat,” pungkas Heli.** AJI.