CIRANJANG, (MT),-
Program terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), di Ds. Kertajaya, Kec. Ciranjang terus ditingkatkan. Hal ini dimaksudkan agar perempuan diberdayakan dalam berbagai bidang keahlian. Demikian dikemukakan Camat Ciranjang, Endang Ruyatna, saat ditemui “MT” di ruang kerjanya.
Peningkatan program ini, lanjut dia, bertujuan untuk meningkatkan peranan perempuan yang menggunakan pola pendekatan lintas bidang pembangunan. Sedangkan pola pendekatan dilakukan melalui koordinasi yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga guna mencapai tingkat hidup yang berkualitas.


Kaum perempuan yang berada di pedesaan harus diangkat dan diberdayakan dalam bidang keahlian, agar mampu menopang keluarganya. Sebab, persoalan perempuan harus ditemukan jalan keluarnya.
Dia berharap, hasilnya akan mencerminkan ketimpangan gender dan lebih banyak melibatkan kaum perempuan. Sehingga pembangunan dan hasil pembangunan akan lebih adil dan berarti bagi seluruh masyarakat. Komitmen ini juga harus dibangun setiap elemen pemerintah dari atas hingga bawah, demi terwujudnya kesetaraan gender yang bermartabat.
Lebih lanjut dikemukakan, harapan dan tujuan khusus dari program ini adalah meningkatkan status kesehatan perempuan, pendidikan, pengetahuan, dan keterampilan perempuan dalam usaha ekonomi produktif. Partisipasi perempuan dalam pelestarian sosial budaya dan lingkungan hidup, peran aktif perempuan dalam pengembangan masyarakat, dan peran aktif perempuan dalam pemahaman wawasan kebangsaan.** NOP.