Tag

GARUT, (MT),-
Warga Kp. Cipari RT. 02/03, Ds. Sukamurni, Kec. Cilawu, Kab. Garut dihebohkan dengan tertangkapnya seekor macan tutul betina jenis cheetah berumur sekitar 1,5 tahun dengan berat sekitar 30 kg oleh warga setempat.
Macan tutul yang diperkirakan berasal dari kawasan Gunung Cikuray itu berhasil ditangkap Jajang Cecep Sumarlin (30).  Saat itu, Jajang bersama lima rekannya sedang berburu dedes (sejenis luak) di perkebunan teh Blok Genteng yang terletak sekitar 2 km dari kampung halamannya.
Jajang yang sehari-harinya bekerja sebagai pemulung biasa berburu bersama kawan-kawannya pada malam hari. Malam itu, Rabu (14/9), mereka kembali berburu. Akan tetapi, hingga berjam-jam tak seekor luak pun dijumpainya.

Di tengah keheranan, mereka mendengar enam ekor anjing yang mereka bawa menggeram seperti menemukan sesuatu. Awalnya, mereka mengira kawanan anjing bertemu dengan hewan buruan. Namun, setelah disoroti lampu, anjing mereka tengah mengeroyok seekor macan tutul.
Merasa terpojok, macan tutul itu lari kemudian memanjat pohon.  Jajang Cs pun lantas mengepung pohon tersebut. Selanjutnya, macan tutul yang tengah bertengger di atas dahan itu “diajul” dengan menggunakan sebilah kayu. Macan tutul pun terjatuh lantas kembali dikeroyok kawanan anjing.
Sebelum terpojok karena kelelahan, macan tutul tersebut sempat memberikan perlawanan hebat sehingga lima ekor anjing terluka parah. Selanjutnya, macan tutul yang sudah tak berdaya dibawa ke kampung halamannya sekitar pukul 22.00 WIB.
Kabar penangkapan macan tutul tersiar dengan cepat. Sontak, halaman rumah Jajang disemuti warga. Macan tutul yang sudah dikerangkeng di dalam kandang itu menjadi tontonan gratis.
Selanjutnya, macan tutul diserahkan kepada petugas Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Kab. Garut. Rencananya, macan tutul hasil tangkapan Jajang Cs akan dimasukan ke Taman Margasatwa Cikembulan. (aji)**