Tag

Bandung (MT),- Mengenai langkah penanganan Sungai Citarum, diketahui anggaran yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja nasional (APBN) itu di antaranya dialokasikan untuk pengerukan, konservasi, pembuatan situ, untuk masa anggaran 2011-2013. Dengan demikian, projek penanganan Citarum masuk dalam multiyears project.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat harus  segera lakukan pembahasan mengenai langkah penanganan Sungai Citarum melalui forum kepanitiaan bersama antar stakeholder pemerintah pusat hingga pemerintah kota/kabupaten di wilayah Sungai Citarum. Hal itu menyusul telah dianggarkannya dana dari pemerintah pusat senilai Rp 1,3 triliun yang dialokasikan untuk penanganan sungai tersebut, sehingga tidak menyebabkan kerugian bagi masyarakat sekitar sungai karena sering dilanda banjir.

Forum kepanitian yang terdiri dari lembaga swadaya masyarakat (LSM), stakeholder Pemerintah Provinsi Jawa Barat, pemerintah kota/kabupaten, kemudian pemerintah pusat yang ditambah unsur TNI/Polri, dan akademisi akan bersama-sama merumuskan program non struktur, membahas mengenai reboisasi di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum dari hulu hingga hilir, upaya pengelolaan limbah sehingga pengelolaan masyarakat petani di sepanjang DAS Citarum  para petani  tetap bisa mendapatkan nafkah.

Pembentukan forum kepanitiaan bersama itu merupakan sebuah forum yang diharapkan menjadi sebuah kepanitiaan penanganan Citarum secara menyeluruh. Pasalnya, apabila beberapa waktu ke belakang, penanganan Citarum ‘terpenggal’ oleh beberapa kelompok untuk menyelesaikan permasalahan ekologi Citarum. Akibatnya, penanganan Citarum tak kunjung selesai, forum yang dibentuk tersebut akan dibicarakan pula tindakan holistik yang akan dilakukan dalam menjaga kelestarian Citarum, tutur Ahmad Heryawan.

Iklan