Tag

, ,

BANDUNG, (MT).- Kepala Disnakertrans Kab Bandung, Dadang Supardie mengatakan, pihaknya akan memberikan bantuan sepenuhnya terhadap hak-hak yang harus diperoleh oleh keluarga Siti Nurjamilah yang tewas di Arab Saudi, bantuan tersebut diberikan meski diakui kepergian Siti menjadi TKW di luar negeri tanpa sepengetahuan Pemkab Bandung dan tanpa melalui prosedur yang benar bahkan orangtua korban sendiri, Usep (65) mengakui kepergian Siti menjadi TKW di Arab Saudi memang tanpa sepengetahuan dan sepersetujuan kedua orangtuanya.

Saya mengimbau bagi warga yang ingin menjadi TKW/TKI, jika yang memiliki suami harus sepengetahuan dan seijin suaminya, serta diketahui kepala desanya juga, ika ada warga Kabupaten Bandung yang ingin bekerja di luar negeri harus mendapatkan izin dari Dinaskertrans. Sesuai dengan Undang-undang No.39/2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri, bahwa seseorang tidak mungkin mendapatkan paspor dari Imigrasi untuk berangkat ke luar negeri, khususnya untuk bekerja kalau tidak ada rekomendasi langsung dari Kepala Dinas Tenaga Kerja, dan pemkab Bandung akan mengeluarkan izin bagi para warganya, kalau pekerjaan itu di bidang sektor formal, seperti suatu perusahaan yang sudah jelas tata peraturannya, bukan menjadi pembantu rumah tangga di suatu rumah. “Minimal dia bisa menjadi seorang perawat di rumah sakit.

Dadang menambahkan, “Sebenarnya kami sudah sering melakukan sosialisasi pada warga melalui desa-desa, bagaimana warga bisa menjadi TKI/TKW dengan prosedur yang benar. Namun pada kenyataannya, masih banyak warga yang menjadi TKW melalui oknum-oknum tertentu, tanpa melalui prosedur yang benar.(aji)**