Telusur MT menjelang Malam suasana di sekitar Cimanggu terlihat ramai pengunjung, beberapa petugas nampak berdiri di loket pintu masuk begitu juga dengan keamanan nya ,terlihat beberapa pengendara Motor, mobil yang berada di loket pintu masuk yang sedang mengantri untuk membeli tiket masuk dan menuju parkir di lapangan, dan terlihat Banyak pedagang namun nampak begitu tertib.

Pak Rustandi sebagai Tata Usaha di Pemandian kolam Cimanggu Mengatakan siang tadi pun pengunjung yang datang banyak sekali dan malam ini pun Masih ramai . yang datang kemari masih banyak sekali dari berbagai wilayah dari jawa barat, Bandung, Garut, Cirebon, bahkan Jakarta dll. Sarana dan prasarana yang tersedia di kawasan ini yang dapat mendukung para wisata selain kolam air panas, juga terdapat MCK, musholla, pesanggrahan untuk menginap yang disewakan, Playground tempat bermain anak, Flyingfox dan tempat berseluncur dikolam berendam, lokasi parkir yang cukup luas dan warung-warung yang menjual makanan atau minuman. Kolam air panas dicimanggu terdapat beberapa jenis, ada yang untuk umum yaitu kolam untuk orang dewasa dan kolam anak-anak, berbentuk seperti kolam renang biasa. Keistimewaan air panas kolam renang Cimanggu adalah bersumber langsung dari Gunung Patuha. Kita juga bisa memilih kamar VIP , untuk bisa lebih menikmati hawa hangat dengan tenang di kamar tertutup. Di kamar VIP ini tersedia bak mandi untuk berendam, jadi kita bisa bermanja-manja dengan tubuh kita.

Selain suasana yang nyaman di kolam pemandian Cimaggu, air di tempat ini mempunyai manfaat terapi kesehatan dengan kandungan belerang ideal yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti kelumpuhan, rematik, gangguan syaraf, tulang dan berbagai penyakit kulit bila dilakukan secara teratur.

Cimanggu merupakan salah satu tempat wisata di daerah Ciwidey yang terletak satu jalur dengan tempat wisata lainnya di daerah tersebut seperti Kawah Ratu, Situ Patengan, Ranca Upas dan Kebun Teh Wallini. Jika kita ke Situ Patengan otomatis melewati Cimanggu, Terletak pada ketinggian kurang lebih 1100 meter di atas permukaan air laut, pemandaian air panas Cimanggu dengan luas 154 Ha termasuk dalam wilayah Desa Rancabali, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Dengan latar belakang bukit yang hijau dengan topografi relatif datar dan sedikit bergelombang, akan memudahkan kita untuk berjalan-jalan. Beberapa flora yang terdapat di Cimanggu adalah : Rasamala, Pinus, Eukaliptus, kecubung dan lain-lain.

Ungkap ibu Eneng pengunjung dari Ciamis saya datang ke kolam pemandian cimanggu ini bersama keluarga saya dan bukan hanya sekali saja tapi sudah berkali-kali setiap ada kesempatan liburan saya berkunjung untuk menyempatkan datang kemari, bukan hanya berendam saja namun saya ada tujuan lain yaitu ingin menyembuhkan penyakit saya yaitu rematik dikaki saya, alhamdulilah ada perubahan sampai saat ini.(aji)